Selasa, 30 April 2013

Inilah Beberapa Shortcut Key Komputer yang Paling Sering Digunakan

Inilah Beberapa Shortcut Key Komputer yang Paling Sering Digunakan.ShortCut adalah kombinasi tombol keyboard yang dapat mempersingkat atau mempermudah penggunaan fungsi/fitur dari komputer yang kita gunakan. Dengan adanya shortcut ini kita dapat lebih mudah untuk mengakses menu-menu dalam komputer. Terdapat banyak sekali shortcut yang bisa kita gunakan, tapi ada beberapa shortcut yang paling sering kita gunakan. Berikut adalah shortcut-shortcut yang paling sering digunakan:

1. CTRL + C
Kombinasi dari kedua tombol ini mempunyai fungsi untuk menyalin file. Ctrl + C banyak digunakan oleh para blogger yang tidak beratanggu jawab untuk memposting file yang tidak original, alias hasil copy  dari blog orang lain.
2. CTRL + X
Kombinasi dari kedua tombol ini hampir sama dengan fungsi Ctrl + C namun kalau Ctrl + X bukan untuk mencopy tapi untuk memotong, jadi file yang kita berikan perintah dengan tombol ini akan berpindah tempat ke tempat lain yang kita tuju.
3. CTRL + V
Kombinasi kedua tombol ini biasanya digunakan sebagai lanjutan dari salah satu kombinasi tombol di atas. Fungsi dari shortcut ini adalah untuk menempel hasil dari copy (Ctrl + C) atau cut (Ctrl + X).
4. CTRL + Z
Kombinasi tombol ini dinamakan dengan undo. Fungsinya adalah untuk membatalkan sebuah perintah atau eksekusi tertentu yang telah dilakukan. 
5. CTRL + A
Kombinasi tombol ini mempunyai fungsi untuk memblok atau memilih semua konten yang ada di tempat kita menekannya. Misalkan di dalam sebuah dokumen maka fungsinya adalah untuk memilih/memblok seluruh isi dari dokumen tersebut.
6. ALT + F4
Kombinasi tombol ini menghasilkan perintah untuk menutup sebuah aplikasi yang sedang berjalan, digunakan untuk menggantikan fungsi tombol close yang ada dipojok kanan tampilan aplikasi komputer yang sedang digunakan.