Selasa, 16 April 2013

Inovasi Teknologi Otomotif Untuk Masa Depan Bumi Yang Hijau Dari Daihatsu

Inovasi Teknologi Otomotif Untuk Masa Depan Bumi Yang Hijau Dari Daihatsu . Sering kali kita mendengar tentang adanya global warming yang mengancam hidup umat manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi. Sungguh sangat menakutkan jika kita melihat keadaan yang ada sekarang ini, semakin banyaknya teknologi canggih bukan membuat keadaan semakin membaik tetapi semakin memburuk saja. Seharusnya dengan perkembangan teknologi yang ada bisa memperkecil efek negatifnya terhadap keadaan alam dan lingkungan, namun keadaannya malah terbalik. Kebanyakan industri-industri sekarang hanya meninjau aspek praktisnya saja, tidak pada aspek lingkungan. Padahal aspek yang penting ada pada aspek lingkungan, karena lingkungan adalah tempat kita tinggal, tempat kita untuk hidup. Pernahkah kita berpikir bagaimana jadinya bumi ini kalau global warming terus berlangsung atau bahkan bertambah parah? Adakah solusi untuk mencegah bertambah besarnya dampak global warming seiring dengan perkembangan teknologi saat ini?

Banyak teknologi baru yang dikembangkan, mulai dari teknologi hijau, teknologi ramah lingkungan, bahkan sampai pada teknologi yang tidak menghasilkan polusi. Bicara tentang polusi, mungkin yang muncul dalam benak kita adalah tentang kendaraan yang menghasilkan CO2 sehingga menjadi penyebab utama dari munculnya polusi di lingkungan. Namun, tahukah anda bahwa saat ini telah ada kendaraan yang menggunakan teknologi Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC) yang dapat mereduksi pembuangan (emisi) gas CO2 menjadi nol? Kendaraan ini adalah mobil yang diproduksi oleh Daihatsu. Sesuai dengan slogan yang dipakai oleh Daihatsu yaitu "Innovation for Tomorrow", Daihatsu selalu mempunyai inovasi-inovasi yang luar biasa untuk masa depan dalam berkendara. Jelas saja Daihatsu bukan hanya melihat dari aspek praktisnya saja, namun juga dari aspek lingkungan. Daihatsu memberikan kenyamanan dalam berkendara tanpa terlibat dalam masalah kerusakan lingkungan, karena Daihatsu mempunyai teknologi otomotif yang ramah terhadap lingkungan, yaitu TEKNOLOGI HIJAU. Daihatsu Cube adalah salah satu inovasi Daihatsu yang mengusung teknologi hijau di dalam konsep pembuatannya. Banyak orang bertanya seperti apakah teknologi yang digunakan oleh Daihatsu sehingga menghasilkan sebuah produk yang sangat luar biasa seperti ini. Berikut adalah perkembangan teknologi yang Daihatsu gunakan:

1. Eco-IDLE Technology
Eco-IDLE Technology
Dengan adanya teknologi Eco-IDLE, mobil keluaran Daihatsu bisa mengatur hidup dan matinya mesin secara otomatis saat keadaan jalanan sedang macet, sehingga hal ini akan menghemat penggunaan bahan bakar. Keuntungan lainnya adalah emisi CO2 dari kendaraan dengan teknologi ini akan sangat minimum.

2. 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection
2-Cylinder Turbocharged Direct Injection
Setelah teknologi Eco-IDLE, Daihatsu kembali mengeluarkan produk dengan teknologi yang baru yang disebut dengan 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection. Dengan teknologi ini kendaraan menjadi lebih ringan karena menggunakan bahan dan komponen yang lebih sedikit. Bahkan dengan teknologi ini, penghematan bahan bakar mencapai angka 30%.

3. Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC)
Precious Metal Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC)
Nah, teknologi PMfLFC ini adalah teknologi paling baru yang Daihatsu gunakan, dengan menggunakan teknologi inilah Daihatsu berhasil mengembang kendaraan yang bisa membuat emisi CO2 dari mobil hasil produksi mereka menjadi nol (tanpa emisi). Kendaraan dengan teknologi inilah yang disebut dengan kendaraan ramah lingkungan. Bahan bakar yang digunakan adalah Hidrazin Hidrat yang mempunyai kepadatan energi tinggi dan tidak menghasilkan emisi gas CO2, sehingga bahan bakar ini pas dan cocok dengan mobil yang mengusung aspek lingkungan hijau.

Dengan memakai mobil Daihatsu bukan hanya kenyamanan dalam berkendara saja yang kita dapatkan, tapi kita juga telah membantu mengurangi efek pencemaran lingkungan karena mobil Daihatsu adalah mobil yang ramah lingkungan dengan teknologi hijau.